Archive for the Articles Category

Top 5 Mistakes English Learners Make

Posted in Articles on December 22, 2010 by ovieshofia

Sudah lama belajar bahasa Inggris tapi belum juga bisa lancar? Mungkin cara belajar kita yang salah. Di bawah ini ada beberapa kesalahan yang paling sering dibuat oleh English Learner. http://learnrealeng lish.com/ ACC-Site/

Beberapa kesalahan itu adalah:

1.       Focusing Grammar

Ini kesalah yang paling besar, paling sering dibuat dan merupakan kesalahan terburuk. Berpikir tentang grammar pada saat berbicara justru menghambat  kemampuan berbicara kita. Karena English Grammer itu terlalu complex untuk diingat dan membutuhkan logika, sedangkan percakapan sangat cepat dan spontan.

Sebaiknya kita belajar grammar sebagaimana anak kecil, mereka belajar secara alami dan tanpa mereka sadari. Saya melihat anak-anak saya tidak pernah diajari grammar oleh gurunya, ketika saya Tanya bagaimana kamu bisa membedakan past tense dan present tense, mereka bilang hanya dari mendengar kebiasaan teman dan guru-guru mereka bicara.  Dengan banyak mendengar percakapan English yang menggunakan grammar dengan benar, maka secara bertahap dan otomatis  otak kita akan belajar grammar dengan benar.

Selain itu, pengalamanku selama di Canada ini – yg ngomong asal ngomong -mereka tetap mengerti maksud kita kok.

2.       Forcing speed

English Learner berpikir, bahwa semakin banyak mereka praktek berbicara, akan semakin cepat mereka menguasai bahasa English.  Mereka terus berbicara padahal sebenarnya mereka belum siap untuk itu. Hasilnya, mereka berbicara dengan lambat dan tidak lancar. Jangan terburu-buru bicara, focus pada mendengarkan dan sabarlah. Bicaralah bila anda sudah siap untuk itu, dan jika itu terjadi anda akan bicara dengan lancar dan natural.

Wah kalo yang ini aku bangeeeet….jangankan bahasa English, dalam berbahasa Indonesiapun aku termasuk yang tidak banyak bicara, alias sering jadi pendengar saja. …:), tapi aku jadinya seperti spons yang menyerap banyak air. Aku tidak hanya tahu banyak tentang  kosakata baru, melainkan juga kata-kata slank dan logat mereka bicara.

3.       Learning Only Formal Textbook English

Sayangnya banyak English Learner yang belajar English dari buku-buku resmi yang merka temui di sekolah-sekolah atau kursus-kursus. Padahal native speaker justru tidak menggunakan kata-kata resmi itu dalam banyak situasi. Dalam aktivitas sehari-hari, native speaker menggunakan causal English, yang penuh dengan idiom, phrasal verbs dan slank.

Kalo saranku sih, banyak baca buku komik English, di situ banyak sekali menggunakan percakapan sehari-hari, sama sekali tidak resmi.

4.       Trying to be Perfect

­­Guru dan murid takut sekali berbuat salah, mereka focus pada kesalahan, mereka mengoreksi kesalahan, dan mereka berusaha untuk perfect. Padahal nobody perfect, bahkan native speaker sendiri sering berbuat salah. Jadi inget seorang bule yang koment di status facebook temanku, dia menulis You is…bla..bla…(what???, bahkan anak SD pun tahu You itu seharusnya memakai are bukan is).

Tujuan kita bukan untuk berbicara sempurna, melainkan untuk menkomunikasikan ide, informasi dan perasaan dengan jelas dan mudah dimengerti.

5.       Relying on English School

Banyak English Learners yang sangat bergantung pada guru dan sekolah. Mereka pikir guru dan  sekolahlah yang bertanggung jawab atas kesuksesan mereka. Ini tidak benar, karena kita sendirilah yang bertanggung jawab atas keberhasilan kita, guru yang baik memang bisa membantu, tapi  semua kembali kepada kita, kepada kemauan kita untuk belajar.

Kita barus mencari pelajaran-pelajaran dan materi-materi yang effective. Banyak membaca, mendengar bahasa Inggris, jadikan bahasa Inggris menjadi santapan sehari-hari. Manage emosi kita, dan terus mengingat tujuan kita, karena dalam belajar bahasa asing kita memang sering merasa capek.  Berpikirlah optimis dan positif.

Ok…siap lagi belajar bahasa Inggris…ayo semangat!!! Jangan menyerah…

Advertisements