Sup Ikan Kakap Merah

Ini menu  favourite suami, rasanya seger banget.  Masaknya gampang  (aku seneng masakan yang praktis-praktis gini, gak ribet bikinnya 😀 ) gak pake tumis-tumisan segala, semua bumbu tinggal dimasukkan di air mendidih aja…

Cobain ya.:)

Bahan:

1 kg ikan kakap merah, dibersihkan dan dipotong-potong (kalo beli di supermarket biasanya dalam bentuk beku dan udah dipotongin, tinggal didefrost dan diberi garam plus perasan jeruk nipis/lemon), diamkan sebentar

2 buah wortel dipotong tipis

2 tangkai celery, dipotong serong

2 tangkai daun bawang, dipotong 1 cm

1 buah tomat dipotong2

10 buah cabe rawit utuh (karena anak2 saya nggak suka pedas, jadi cabe dibiarkan utuh saja)

1,5 lt air (atau dikira2 sendiri ya…maaf, aku sukanya masak cuman pake perasaan aja :D)

Bumbu:

5 buah bwang putih, dirajang

3 cm jahe dirajang

1/2 sdt kunyit bubuk

1 btg sereh, ambil bagian putihnya, geprak

2 lbr daun jeruk

1/2 sdt mrica bubuk

garam sesuai selera

Cara Membuat:

1. Didihkan air kemudian masukkan ikan, tunggu sampai ikan agak empuk dan terlihat sudah mengeluarkan kaldunya (air jadi agak sedikit berminyak)

2. Masukkan bumbu2nya, bawang putih, jahe, sereh, daun jeruk, kunyit dan merica.

3. Bubuhi garam sesuai selera

4. Masukkan wortel dan batang celery

5. Jika wortel sudah agak matang, masukkan tomat, daun bawangnya dan cabe utuhnya

6. Angkat, dan sajikan hangat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: