Archive for December, 2010

Aljannah: Pencarian itu hampir berakhir

Posted in Religious on December 22, 2010 by ovieshofia

Dua hari yang lalu saya menyaksikan program serial TV Known Universe, dengan episode “Another Earth”. Program ini mengisahkan bagaimana sejarah pencarian planet di angkasa sana yang bisa dihuni, mirip dengan planet bumi, dan perkembangan mutakhir upaya pencarian “another earth” ini.  Program yang saya tonton adalah tayang ulang, dan sudah bisa diakses di http://www.youtube.com/watch?v=ivyNooq_5kw

Hingga hari ini, paling tidak sudah ditemukan 492 planet yang mirip dengan planet bumi. http://en.wikipedia.org/wiki/Extrasolar_planet. Yang paling baru adalah planet Gliese 518g yang hanya berjarak 20 tahun cahaya dari bumi. http://www.guardian.co.uk/science/2010/sep/29/earth-like-planet-gliese-581g

Penemuan planet mirip bumi ini mengingatkan saya pada kisah penciptaan nabi Adam. Di dalam AlQur’an dikisahkan bahwa setelah Allah menciptakan nabi Adam dan pasangannya, Allah perintahkan keduanya untuk tinggal di aljannah, the garden, surga. Di surga ini nabi Adam diperbolehkan memakan semua buah buahan yang tumbuh disana, kecuali buah dari pohon khuldi. Karena tergelincir oleh tipu daya iblis, akhirnya beliau dan siti Hawa memakan buah terlarang itu. Sebagai hukumannya, Allah turunkan beliau berdua ke bumi.

Dari kisah itu, kita tahu bahwa sebelum tinggal di bumi, nabi Adam tinggal di planet lain selain bumi. Para ahli tafsir berbeda pendapat, apakah aljannah tempat tinggal nabi adam sebelum turun ke bumi ini adalah aljannah yang dijanjikan Allah di akhirat kelak atau ada aljannah yang lain. Mayoritas ahli tafsir berpendapat bahwa aljannah yang dihuni nabi Adam sebelum turun ke bumi berbeda dari aljannah yang dijanjikan Allah. Jika demikian halnya, maka aljannah itu sudah pernah ada dan bisa jadi masih ada di luar sana.

Hari ini, pencarian planet lain yang habitable, yang bisa dihuni manusia telah mencapai kemajuan yang sangat luar biasa. Dan jika another earth itu benar benar ditemukan, maka tamat sudah riwayat teori evolusi. Mengapa? Karena teori evolusi dibangun atas asumsi bahwa tidak ada planet lain di jagat raya ini yang bisa dihuni manusia, dan bahwa manusia tercipta dari planet bumi melalui evolusi dari organisme hidup paling sederhana. Sedangkan Alqur’an menyebutkan bhw manusia didaratkan ke bumi oleh Allah dari planet aljannah.

Akankah planet aljannah yang pernah disinggahi oleh Bapak dan Ibu kita Adam dan Hawa ditemukan kembali oleh anak turun beliau? Mudah mudahan saya masih hidup dan menyaksikan peristiwa terbesar sepanjang sejarah manusia ini. Amiin.

Rois Fatoni

Liberal dalam Iman, Konservatif dalam Islam.

Advertisements

Top 5 Mistakes English Learners Make

Posted in Articles on December 22, 2010 by ovieshofia

Sudah lama belajar bahasa Inggris tapi belum juga bisa lancar? Mungkin cara belajar kita yang salah. Di bawah ini ada beberapa kesalahan yang paling sering dibuat oleh English Learner. http://learnrealeng lish.com/ ACC-Site/

Beberapa kesalahan itu adalah:

1.       Focusing Grammar

Ini kesalah yang paling besar, paling sering dibuat dan merupakan kesalahan terburuk. Berpikir tentang grammar pada saat berbicara justru menghambat  kemampuan berbicara kita. Karena English Grammer itu terlalu complex untuk diingat dan membutuhkan logika, sedangkan percakapan sangat cepat dan spontan.

Sebaiknya kita belajar grammar sebagaimana anak kecil, mereka belajar secara alami dan tanpa mereka sadari. Saya melihat anak-anak saya tidak pernah diajari grammar oleh gurunya, ketika saya Tanya bagaimana kamu bisa membedakan past tense dan present tense, mereka bilang hanya dari mendengar kebiasaan teman dan guru-guru mereka bicara.  Dengan banyak mendengar percakapan English yang menggunakan grammar dengan benar, maka secara bertahap dan otomatis  otak kita akan belajar grammar dengan benar.

Selain itu, pengalamanku selama di Canada ini – yg ngomong asal ngomong -mereka tetap mengerti maksud kita kok.

2.       Forcing speed

English Learner berpikir, bahwa semakin banyak mereka praktek berbicara, akan semakin cepat mereka menguasai bahasa English.  Mereka terus berbicara padahal sebenarnya mereka belum siap untuk itu. Hasilnya, mereka berbicara dengan lambat dan tidak lancar. Jangan terburu-buru bicara, focus pada mendengarkan dan sabarlah. Bicaralah bila anda sudah siap untuk itu, dan jika itu terjadi anda akan bicara dengan lancar dan natural.

Wah kalo yang ini aku bangeeeet….jangankan bahasa English, dalam berbahasa Indonesiapun aku termasuk yang tidak banyak bicara, alias sering jadi pendengar saja. …:), tapi aku jadinya seperti spons yang menyerap banyak air. Aku tidak hanya tahu banyak tentang  kosakata baru, melainkan juga kata-kata slank dan logat mereka bicara.

3.       Learning Only Formal Textbook English

Sayangnya banyak English Learner yang belajar English dari buku-buku resmi yang merka temui di sekolah-sekolah atau kursus-kursus. Padahal native speaker justru tidak menggunakan kata-kata resmi itu dalam banyak situasi. Dalam aktivitas sehari-hari, native speaker menggunakan causal English, yang penuh dengan idiom, phrasal verbs dan slank.

Kalo saranku sih, banyak baca buku komik English, di situ banyak sekali menggunakan percakapan sehari-hari, sama sekali tidak resmi.

4.       Trying to be Perfect

­­Guru dan murid takut sekali berbuat salah, mereka focus pada kesalahan, mereka mengoreksi kesalahan, dan mereka berusaha untuk perfect. Padahal nobody perfect, bahkan native speaker sendiri sering berbuat salah. Jadi inget seorang bule yang koment di status facebook temanku, dia menulis You is…bla..bla…(what???, bahkan anak SD pun tahu You itu seharusnya memakai are bukan is).

Tujuan kita bukan untuk berbicara sempurna, melainkan untuk menkomunikasikan ide, informasi dan perasaan dengan jelas dan mudah dimengerti.

5.       Relying on English School

Banyak English Learners yang sangat bergantung pada guru dan sekolah. Mereka pikir guru dan  sekolahlah yang bertanggung jawab atas kesuksesan mereka. Ini tidak benar, karena kita sendirilah yang bertanggung jawab atas keberhasilan kita, guru yang baik memang bisa membantu, tapi  semua kembali kepada kita, kepada kemauan kita untuk belajar.

Kita barus mencari pelajaran-pelajaran dan materi-materi yang effective. Banyak membaca, mendengar bahasa Inggris, jadikan bahasa Inggris menjadi santapan sehari-hari. Manage emosi kita, dan terus mengingat tujuan kita, karena dalam belajar bahasa asing kita memang sering merasa capek.  Berpikirlah optimis dan positif.

Ok…siap lagi belajar bahasa Inggris…ayo semangat!!! Jangan menyerah…

Akhirnya…

Posted in Daily Stories on December 16, 2010 by ovieshofia

Horeeee…..akhirnya punya blog juga….

Seneng tentunya, meski semua masih acak adul…maklum gak biasa dalam hal edit mengedit…:)

Tapi gimana sih blognya orang yang gak pinter ngomong…gak pinter cerita…dalam keseharian lebih banyak mendengar daripada bercerita??? Whateverlah…yang penting punya dulu, siapa tahu dengan berjalannya waktu ternyata ketahuan aku berbakat menjadi penulis hebat, hahaha…#ngimpi kali..#

Belum punya judul untuk blog ini, masih bingung…yah entar judulnya nyusul aja, yang penting ada isinya dulu, daripada ada judulnya tapi gak ada isinya???? #membela diri#

Awalnya sih dari suka baca blognya temen-temen…asyik kayaknya memiliki blog, bisa jadi tempat untuk menuangkan isi hati, pikiran, sharing pengalaman, pengetahuan dll…apalagi kalo blognya disetting sedemikian rupa, wuuuaaaahhh…jadi betah berlama-lama di depan computer untuk menikmatinya.

Ini lucu, aku yang gak pinter ngomong dan bercerita tapi sangat ingin punya blog….sementara suami yang banyak cerita, ide, dan sudah banyak sekali tulisan-tulisannya, tapi tetep tidak mau bikin blog…padahal tulisan-tulisan suami sangat bagus dan banyak manfaatnya untuk dibaca, sayangkan kalo tidak disimpan di suatu tempat yang bagus kan…

Jadi blog ini nantinya selain untuk postinganku juga untuk posting tulisan suami. Rencananya sih juga untuk posting resep-resep, kalo gak males lho…:)

Ok then, Welcome to my blog, hope you enjoy it…